10 Karakter Muslim Idaman

assalamualaikum wr.wb
hallo guys ,selamat datang di blog saya yang sederhana  ini tapi mudah mudahan bermanfaat . ini adalah blog pertama saya jika ada ada kesalahpahaman mohon untuk di koreksi, semoga bermanfaat guys

pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang "10 karakter muslim idaman. " semoga apa yang anda baca dan pahami dapat di terapkan pada kehidupan sehari hari.

Dengan mengetahui karakter ini ,semoga kita bisa mengukur sudahkah kita memenuhi karakter iti, punya semangat meraihnya dan yang lebih penting lagi kita tahu apa yang harus kit alakukan untuk mencapainya.Inilah 10 karakter muslim idaman.

1. Pertama,  yaitu akidah yan lurus dan benar. Inilah karakter urgen yang harus dimiliki seorang muslim. Akidah adalah landasan paling utama dalam aktivitas setiap muslim. Dengan akidah yang lurus seseorang akan menjadi oran yang optimis dalam hidupnya . karena dirinya meyakini dan bisa merasakan kehadiran allah SWT dalam aktivitasnya. Tak perlulah pergi kedukun,paranormal(para tidak normal),orang pintar dan sejenisnya.
Muslim yang berakidah lurus tidak akan berdoa kecuali kepada allah saja. Kuburan,pohon,keramat,batu sakti sama sekali tidak ada dalam pikirannya. Mereka juga meyakini bahwa usaha merekalah  penentu keberhasilan atau kegagalan tentu dengan seijin allah. Ramalan bintang,dan lain-lain adalah hal konyol yang sama sekali tidak boleh kita percayai.
Akidah yang lurus juga akan menjaga keimanan seoran muslim dari berbagai iming-iming baiik materi atau kedudukan untuk meninggalkan keislamannya. Imannya kokoh di akhir hayatnya.

2. Kedua ,ibadahnya benar. Seorang selalu mnjaga niatnya dalam ibadah. Bukan untuk di sanjung atau supaya kelihatan sholeh. Tujuanya hanya allah saja. Ibadahnya  jua ibadah sebagaimana di tuntunkan oleh rasulullah SAW . tidak mengarang sendiri seperti kasus-kasus yang pernah kita dengar ,seperti sholat dengan bahasa Indonesia at abaca sambil di artikan.
Muslim idaman juga menjaga agar semua kewajiban kwajibanya terpenuhi. Sholat 5 waktu, puasa rhamadan, zakat, haji adalah ibadah ibadah poko dan wajib dalam islam.tak cukup yang wajib saja ,yang sunah pun tidak ketinggalan seperti puasa senin-kamis, sholat tahajud, sholat duha, an sebagainya.

3. Ketiga, adalah berakhlak mulia. Dia adalah teman baikterhadap teman yang lainya. Dia adalah anak yang berbakti kepada orang tuanya. Dia adalah orang yang selalu menghias diri dengan senyum , sapa, dan santun. Tutur bicaranya selalu halus dan tidak menyakiti hati. Dia adalah orang yang dermawan, tawadhu, dan selalu membuat orang lain bahagia. Dialah muslim idaman.

4. Keempat, wawasannya luas dan cerdas. Seorang muslim haruslah cerdas. Bisa baca al-Quran dengan baik,ip juga di atas rata rata,memahami ilmu ilmu agam, mengikuti perkembangan informasi. Dan yang penting tidak gaptek.

5. Kelima, adalah pandai menjaga waktu. Waktu adalah pedang. Waktu adalah emas. Waktu adalah ilmu. Begitulah pribahasa yang menunjukan pentingnya waktu. Bahkan, allah dalam surat al-Asr bersumpah atas nama waktu. Ini adalah  sebuah sinyal seorang muslim adalah mereka yang bisa memanfaatkan waktunya dengan baik. Selalu menghasilkan sesuatu yang bermafaat I tiap detiknya. Tidak membuangnya untuk aktifitas yang sia sia , apalagi aktifitas yang membuat allah murka.

6. Keenam, manajemen hidupnya teratur. Hidup seorang muslim sejati selalu teratur. Bukan asal mengalir saja . aktifitasnya diatur dengan baik. Rumahnya juga teratur kamarnya tidak berantakan. Dia juga bisa bekerja dengan tim ,pokoknya semua di manage dengan baik.

7. Ketujuh, adalah enterpreneurer. Apa itu enterpreneurer?  Disini enterpreneurer bukan berate harus jadi pengusaha besar. Tapi entrepreneurship di sini lebih pada kemandirian ekonomi. Seorang muslim laki laki yang sudah baligh, maka seluruh kebutuhnnya menjadi tanggungan nya sendiri. Kalaupun orang tua masih memberikan biaya hidupnya, maka itu adalah sedekah dari orang tua. Yah, masa harus disedekahi terus ? maka dari itu walaupun pengahasilanya belum besar tetap harus belajar dan beruasaha memenuhi kebuttuhan finansialnya sendiri.

8. Kedelapan, adalah mampu mengendalikan hawa nafsu. Nabi yusuf adalah fenomenal dalam hal ini, siapa yang kuat,digoda istri raja yang cantik,masih gadis(ternyata zulaikha belum pernah disentuh sang raja), di dalam ruangan yang tak seorang pun tahu. Tapi, kekuatan iman membuat nabi yusuf dan zulaikha yang saat itu masi bujang memberontak dan menghindarkan diri dari zulaikha. Nah, seorang muslim idaman adalah yang mampu menjaga nafsunyayang senatiasa emnyuruh kepada keburukan.

9. Kesembilan, bugar fisiknya. Ini juga tak kalah penting.

10. Kesepuluh, adalah bermanfaat bagi orang lain. Setelah semua karakter diatas dimiliki seorang muslim maka dia di harapkan menjadi manusia yang bisa memberikan manfaat kepada orang lain, pada lingkunganya dan pada semua hal yang bersifat kebaikan. Ingat sebaik baiknya manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi ornag lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Karakter Muslim Idaman "

Post a Comment