Hikmah sholat bagi kesehatan

assalamualaikum wr.wb
hallo guys ,selamat datang di blog saya yang sederhana  ini tapi mudah mudahan bermanfaat . ini adalah blog saya yang sederhana jika ada ada kesalahpahaman mohon untuk di koreksi, semoga bermanfaat guys

pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang " Hikmah sholat bagi kesehatan. " semoga apa yang anda baca dan pahami dapat di terapkan pada kehidupan sehari hari.

"Beruntunglah orang-orang yang beriman yaitu orang yang khusyu dalam shalatnya dan yang menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan yang tiada berguna".
 QS. Al Mukminun: 1-3

Rasulullah bersabda: Ilmu yang pertama kali diangkat dari muka bumi ialah kekhusyuan. (HR. At-Thabrani )
Orang yang shalatnya khusyu adalah orang yang mampu berkomunikasi dengan baik ketika shalat, dan sesudah shalat ia betul-betul produktif berbuat kebaikan terhadap umat.

HIKMAH SHOLAT KHUSYU

1. Efektif menggunakan waktu (Allah mengingatkan kita lima kali sehari tentang waktu)
2. Selalu terjaga kebersihan lahir dan batin.
3. Terjaga niat dalam setiap perbuatan yang dilakukannya
4. Memupuk cinta keteraturan
5. Tuma’ninah à kesehatan jiwa
6. Shalat memiliki gerakan yang dinamis dan sehat. Gerakan-gerakannya mirip yoga yaitu peregangan (stretching). Intinya untuk melenturkan tubuh dan melancarkan peredaran darah. Shalat menggerakan anggota tubuh lebih banyak, termasuk jari kaki dan tangan.
7. Mencegah kanker dan menurunkan risiko penyakit infeksi
8. Mencetak pribadi LEBAH. Shalat selalu diakhiri dengan salam, yang merupakan sebuah doa semoga Allah memberikan keselamatan, rahmat, dan keberkahan bagimu

MANFAAT-MANFAAT GERAKAN SHOLAT BAGI KESEHATAN

A.     Takbiratul Ihram:,
Manfaat:
Melancarkan aliran darah, getah bening (limfe) dan kekuatan otot lengan.
Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar ke jantung dan seluruh tubuh.
Saat kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah dapat menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

B.     Ruku':,
Rukuk yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang.
Manfaat :
Menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf.
Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah.
Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasi bagi otot-otot bahu hingga ke bawah.
Merupakan latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat.

C.     I'tidal:,
Bangun dari rukuk, tubuh kembali tegak setelah, mengangkat kedua tangan setinggi telinga.
Manfaat:
Gerak peralihan dari ruku ke sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. Organ-organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya, pencernaan menjadi lebih lancar.

D.    Sujud:,
Menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai.
Manfaat:
Aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak.
Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak.
      Sujud tuma’ninah à cerdas
Menghindarkan gangguan wasir.
Mengencangkan otot dada
Khusus bagi wanita, manfaat luar biasa bagi kesuburan, memudahkan persalinan, memperbaiki kelenjar susu dan kesehatan organ kewanitaan.
Duduk:,Duduk ada dua macam, yaitu iftirosy (tahiyyat awal) dan tawarruk (tahiyyat akhir). Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki.
Manfaatnya,
Saat iftirosy, kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan nervus Ischiadius.
Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha
Pada pria, tumit menekan aliran kandung kemih (vesica urinaria), kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens. Jika dilakukan. dengan benar à mencegah impotensi.
Variasi posisi telapak kaki pada iffirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga. kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.
Manfaat lain bagi wanita adalah turut berkontraksinya otot-otot daerah perineum. Tekanan lembut ini akan memperbaiki organ reproduksi di daerah perineum.

E.     Salam:,
Gerakan memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal.
Manfaatnya :
Untuk relaksasi otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.

SHOLAT DAN PEREMAJAAN SEL

Seluruh gerakan sholat bertujuan meremajakan tubuh. Jika tubuh lentur, kerusakan sel dan kulit sedikit terjadi.
Apalagi jika dilakukan secara rutin, maka sel-sel yang rusak dapat segera tergantikan. Regenerasi pun berlangsung lancar. Alhasil, tubuh senantiasa bugar.

SHOLAT TAHAJJUD MENCEGAH KANKER DAN PENYAKIT INFEKSI

Penelitian Prof. Dr. Muhammad Soleh dalam disertasinya yang berjudul "Pengaruh Sholat Tahajjud terhadap Peningkatan Perubahan Respons Ketahanan Tubuh Imonologik: Suatu Pendekatan PsikoNeuroImunologi" meneliti hubungan pelaksaan sholat tahajud dengan ketahanan tubuh manusia.
Riset Dr. M. Sholeh :
Ikhlas dapat diukur dengan teknologi kedokteran. Ikhlas yang selama ini dipandang sebagai misteri dapat dibuktikan secara kuantitatif dengan mengukur kadar hormon kortisol.
Kortisol adalah salah satu indikator stress
Pada kondisi normal, jumlah kotrisol pada pagi hari normalnya antara 38-690 nmol/liter. Sedang pada malam hari atau setelah pukul 24:00 normalnya antara 69-345 nmol/liter
Penelitian tersebut menunjukkan bahwa jika seseorang melakukan shalat tahajud delapan rakaat dan membaca wirid (berdzikir) 200 kali setiap hari pukul 02:00 – 03:30 dini hari, kondisi batin mereka relatif tenang dan stabil.
Ketenangan bisa membuat hormon kortisol mereka rendah, yang berarti tidak terkena stres

SHOLAT MENCEGAH PENYAKIT INFEKSI DAN KANKER

Pada saat stress, seseorang akan rentan sekali terhadap penyakit kanker dan infeksi. (Psikoneuroimunologi). Pada saat stress akan berakibat penekanan terhadap sistem imun manusia. Penekanan ini dalam waktu yang lebih singkat akan menyebabkan seseorang akan mudah mengalami penyakit infeksi sedangkan dalam waktu yang panjang akan menstimulasi timbulnya sel kanker.
Sholat yang tuma’ninah dan khlas, seseorang akan memiliki respons imun (kekebalan tubuh) yang baik yang kemungkinan besar akan terhindar dari penyakit infeksi dan kanker.

BERUNTUNGLAH ORANG-ORANG YANG BERIMAN YAITU ORANG YANG KHUSYUK DALAM SHALATNYA DAN YANG MENJAUHKAN DIRI DARI PERBUATAN DAN PERKATAAN YANG TIADA BERGUNA".
QS. AL MUKMINUN: 1-3

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hikmah sholat bagi kesehatan"

Post a Comment